Inovasi Modern Investasi Properti Berbasis Syariah: Kampoeng Kurma

buah-kurma-maknyusDi jaman yang sangat modern ini, ada istilah bahwa kita tuh nggak hidup kalo nggak berinovasi, itupun berlaku di sektor properti, perkembangan industri investasi properti sangat berkembang pesat, baik yang konvensional dan yang berbasis syariah. Salah satu inovasi investasi properti berbasis syariah adalah kampoeng kurma.

Kampoeng kurma adalah sebuah agrowisata yang berisi kavling tanah yang nantinya akan ditanami oleh pohon kurma, sebuah inovasi dari investasi properti yang biasanya kita hanya membeli tanah saja dan menunggu harganya melambung baru dijual untuk mendapatkan keuntungan, namun jika Kampoeng Kurma ini kita membeli kavling yang langsung diolah oleh pihak developer agar kavling yang dibeli tersebut bisa produktif dan menghasilkan uang setiap tahunnya, dengan begitu, pengeluaran-pengeluaran yang didapatkan ketika kita memiliki tanah seperti pajak, dll bukanlah menjadi beban lagi.

Kebanyakan orang yang membeli tanah untuk investasi memiliki masalah tanahnya tidak produktif tapi harus tetap membayar pajak sehingga seperti menjadi beban karena asset yang dimilikinya tersebut membutuhkan pengeluaran tetapi tidak bisa memberikan pemasukkan, jika pun produktif, mereka cukup direpotkan bahkan kesulitan dalam melakukan perawatannya, berbeda lagi dengan inovasi properti berbasis syariah dari kavling Kampoeng Kurma ini, karena produktifitas lahan yang kita miliki dipegang sepenuhnya selama 5 tahun secara gratis.

Selain itu, karena Kampoeng Kurma ini berbasis Agrowisata, tidak jauh berbeda dengan Taman Buah atau Taman Bunga, memang daya tariknya ada di Pohon Kurma-nya. Nantinya, setelah semua kavling terjual dan semua pohon kurma sudah berbuah, kawasan atau komplek kavling pohon kurma tersebut akan dijadikan kawasan wisata dengan fasilitas pendukung seperti Islamic Center, Mesjid Agung, Sport Center, Outbond, Waterboom, Horse Riding and Archery Corner, dll. Tentu akan menjadi kawasan agrowisata yang sangat lengkap tentunya.

Inovasi properti berbasis syariah yang dipelopori oleh Kampoeng Kurma ini sangat baru sekali di industri properti, tidak ada yang seperti ini sebelumnya. Inovasi yang dilakukan ini bisa disebut All-in-One Tourist Attraction. Namun, banyak pertanyaan timbul, apakah pohon kurma bisa berbuah di Indonesia? Ya, pohon yang dikenal ekslusif hanya bisa hidup di daratan Arab itu ternyata bisa berbuah di Indonesia, bahkan pusat laboratorium terbesar di dunia ada di Inggris.